Monolog Tak Terdengar

Monolog Tak Terdengar
Biarkan skizofrenia menjamah mewarnai mozaik-mozaik hidupku

Wednesday, October 23, 2013

JILU

        "Emmm kowe anak pertama soko dua bersaudara yo?" pertanyaan yang sudah jelas jawabannya itu tetap beliau tanyakan. Aku sendiri akan merasa tidak sopan jika tidak menjawab "injih buk" sambil mata tetap mengamati lantai rumah.
Entah hanya perasaanku saja atau memang terjadi perubahan tingkat keramahan dari ibu pacarku ini, tapi sejak mengetahui kenyataan itu sikapnya sedikit berubah.
Setelah 10 menit mengobrol denganku beliau masuk keruang tengah, gantian mengobrol dengan anak laki-lakinya, entah apa yg mereka obrolkan, hanya terdengar bisik-bisik saja.
Baru setelah dua hari dari kunjungan itu, aku ketahui kalo ibu pacarku benar-benar menentang hubunganku karena satu hal
JILU !!


Nb : Jilu merupakan sepotong mitos yang berkembang disebagian sedikit tanah Jawa sekitaran Kota Solo. Mitos dimana jika anak pertama tidak boleh menikah dengan anak ketiga. Sebabnya adalah karena diibaratkan seperti gotong mayit atau menggotong jenazah dalam kubur yang dilakukan oleh tiga orang. Jadi, jika anak pertama menikah dengan anak ketiga, 'katanya' akan ada salah satu yang meninggal tidak lama setelah pernikahan, atau akan seret rejeki, mendapat banyak kesialan dan segala hal buruk yang akan mendatangi rumah tangganya. Sebagian sangat percaya akan hal tersebut karena telah mengalami atau sekedar mendengar cerita dari mulut ke mulut.

No comments:

Post a Comment